Al-Jazari, Muslim Penemu Pompa Pertama pada Tahun 1174 M

Air adalah kebutuhan setiap orang. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat hidup; atau lebih tepatnya tidak dapat bertahan hidup. Sejak dahulu, pompa air digunakan untuk memperlancar kehidupan manusia.

Dulu, pompa air masih sangat tradisional. Tercatat dalam sejarah, penemu pertamanya adalah al-Jazari pada abad ke-12 di Mesopotamia. Tepatnya pada tahun 1174 Masehi. Manuskrip tentang pompa air pertama kali seperti gambar berikut:

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa: al-Jazari bernama lengkap Abū al-‘Iz Ibn Ismā’īl ibn al-Razāz al-Jazarīmerupakan ilmuan dari Al-Jazira, Mesopotamia. Beliau hidup pada abad pertengahan. Semasa hidupnya beliau menulis Kitáb fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya tahun 1206. Dalam kitab tersebut beliau menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.

Pada masa perkembangan teknologi, pompa air semakin bertumbuh pesat. Termasuk di antaranya pompa southern cross milik perusahaan PT. Lusindonauli Putra Mandiri. Pompa speck pumpen yang satu ini merupakan Industri Pompa dan Kelistrikan Terbaik Serta Berpengalaman, sebagaimana slogannya.

Di website resminya, perusahaan yang satu ini menyatakan: Kami adalah perusahaan supplier untuk spare part mesin industri dan automasi, dengan di dukung oleh jaringan network yang cukup luas sampai ke luar negeri, kami dapat membantu anda dalam penyediaan sparepart secara cepat dan akurat. Kami menyediakan berbagai jenis Pompa Submersible, Dosing Pump, Pompa Minyak, Pompa Diafragma, Gear Pump, Pompa Air, Pompa Kimia, dan pompa-pompa lainnya. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai jenis Alat Ukur, Pipa Modullar, dll.

Silahkan mencoba!