Carilah Ilmu, Meski Online!

Pendidikan di masa sekarang sangatlah penting. Karena pendidikan itu akan menjadi pondasi terbentuknya karakter seseorang. Seorang akan menjadi baik bila sejak kecil sudah dididik dengan baik, namun sebaliknya bila Pendidikannya kurang baik maka hasilnya juga kurang baik.

Dengan Pendidikan, seseorang akan mengerti mana yang baik dan mana yang buruk, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Bahkan dalam agama Islam, kita sudah diajarkan bagaimana pentingnya pendidikan dan wajibnya bagi setiap muslim menuntut ilmu.

Dalam hadits yang sering kita dengar yaitu: “menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (HR. Al-Bukhori) Dan juga nabi pernah bersabda: “carilah ilmu sampai ke negeri cina.” Kalau kita mengaca pada hadits di atas begitu pentingnya pendidikan bagi manusia, terutama Pendidikan Islam yang akan menjadikan karakter seorang berakhlakul karimah. Penting sekali kita menempuh pendidikan bagaimana pun caranya. Baik itu tatap muka, atau kuliah online atau yang kita kenal dengan sebutan Online Learning.

Di masa sekarang sudah banyak bukti tentang rusaknya pendidikan moral yang setiap hari semakin merosot, banyak anak remaja yang tingkah lakunya jauh dari ajaran agama islam, kita ambil contoh kecilnya saja. Contoh dalam masalah bertutur kata dengan orang tua banyak di kalangan mereka yang bertutur kata pada orang tua seperti kepada temanya sendiri, namun kita tidak bisa menyalahkan mereka sepenuhnya.

Banyak faktor yang membuat rusaknya moral pendidikan generasi bangsa, mulai dari kurang kokohnya pendidikan sejak usia dini, mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas, buruknya lingkungan, dan masih banyak lagi yang lain. Pergaulan di sini tidak kalah penting dalam pembentukan moral seseorang, karena dalam pergaulan kita sangat mudah meniru apa yang ada dalam pergaulan tersebut. Jika pergaulanya baik maka baik pula karakternya, jika sebaliknya maka tidak menutup kemungkinan karakternya juga kurang baik.

Dampak negatif rusaknya moral dalam pendididkan sangatlah banyak. Contohnya rusaknya Pendidikan di sekolah, jika dalam pendidikan sekolah sudah rusak moral seorang pelajar, maka dalam sekolah tersebut tidak akan berjalan dengan apa yang direncanakan dan yang diharapkan.