Menghafal al-Quran Merupakan Fashion Muslimah Terbaik

Jika sahabat Dunia Quran bertanya, apa fashion terbaik untuk muslimah. Jawaban ringkas yang bisa kami ucapkan ialah menghafalkan al-Quran. Karena di samping hafal al-Quran memang terlihat keren, muslimah merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, yang harus memberi contoh. Selain itu, menghafal juga banyak manfaatnya.

Membaca al-Quran sekalipun satu huruf merupakan ibadah, di mana orang melakukannya akan mendapatkan pahala. Selain membaca, menghafalkan juga termasuk ibadah. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba dalam mengahafalkan al-Quran. Banyak para muslimah membeli alquran hafalan untuk wanita, sekadar untuk menghafal. Hal ini wajar saja, karena manfaat dalam menghafalkan al-Quran sangat begitu nampak. Oleh karenanya, kami sangat mengajurkan sahabat Dunia Quran untuk membeli alquran wanita.

Pada artikel kali ini kami akan sedikit mengulas manfaat menghafal Al-Quran. Manfaat menghafalkan al-Quran terbagi menjadi dua, yaitu manfaat spiritual dan manfaat fisik.

Manfaat Spritual Menghafal al-Quran

Pertama: Manfaat spiritual sebagaimana yang dijelaskan dalam Hadis riwayat dari Abu Buraidah Rasulullah  bersabda, “Siapa yang menghafal Quran, mempelajarinya dan mengamalkan isinya, maka di hari kiamat ia diberi mahkota dari cahaya, yang sinarnya seperti sinar matahari. Dan kedua orang tuanya diberi dua lembar pakaian yang tidak mampu dikenakan di dunia, kedua orang tuanya bertanya, ‘Mengapa kami diberi pakaian ini?’ Ada yang menjawab, ‘Karena anakmu yang membaca Quran.” (HR. al-Hakim).

Hadis di atas menerangkan bahwa orang yang menghafalkan Al Quran akan diberi penghormatan dan kemuliaan, di dukung dengan  hadis Dari Abdullah bin Amru bin Ash R.A, Berkata ,Rasulullah SAW bersabda:

”Akan dikatakan kepada para penghafal Al- Qur’an :’’Bacalah, naiklah, dan bacalah dengan tartil sebagaimana dahulu  di dunia engkau membaca dengan tartil, sebab kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yg engkau baca (hafal).” (HR.Abu  Dawud no.1469,Tirmidzi no.2914 ,An-Nasai dalam As-sunan Al -Kubra no .8200,dan Ahmad no 6799).

Dari hadis di atas dapat diambil kesimpulan bahwa para penghafal Al-Quran mendapatkan tempat yang tinggi di akhirat. Selain dua hadis di atas ada juaga hadis yang menerangkan bahwa para penghafal Al-Quran disejajarkan kemuliannya dengan para malaikat sebagaimana hadis yg ditegaskan oleh Aisyah R.a, Rasulullah bersabda

“perumpamaan orang yang membaca Al-Quran dan  ia mampu menghafalkannya adalah ia akan Bersama para utusan Allah (malaikat )yang mulia lagi selalu berbuat kebajikan .Adapun perumpamaan orang yang membaca Al Qur’an dan ia berusaha menghafalkannya dengan kesulitan ,baginya dua pahala .”(HR .Bukhari no.4937 dan Muslim no .798).  

Setelah pembahasan mengenai manfaat menghafal dalam spiritual sekarang pindah pada pembahasan mengenai manfaat pada fisik dalam menghafalkan Al-Quran.

Manfaat Fisik Menghafal al-Quran

Manfaat menghafal Al-Quran pada Fisik seperti halnya yang terjadi kepada seorang wanita dari Timur Tengah yang menghafalkan Al-Quran yang keadaan fisiknya  tertimpah penyakit Tumor otak. setelah ia mempergunakan “sisa usianya “untuk menghafalkan al-Quran sebanyak 30 juz. Padahal sebelumnya, keadaan nya tidak pernah mengalami kemajuan, walaupun telah menjalani pengobatan intens selama 4 tahun. Tapi hal itu berubah ketita dia menghafalkan Al-Quran dengan keadaannya, lalu atas izin allah, penyakit yang dia alami sembuh total. Dari cerita di atas kita bisa ambil kesimpulan bahwa Al-Quran merupakan obat ampuh atas segala penyakit, sebagaiman yang di terangkan dalam hadis yang berbunyi “Hendaklah kamu menggunakan obat-obat: madu dan Al-Quran (HR.Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

Wal hasil menghafal Al-Quran merupakan ibadah, yang  terdapat di dalamnya terdapat banyak manfaat dan kebaikan. Hanya saja kebanyakan para penghafal al-Quran belum merasakan, khususnya manfaat yang sifatnya fisik.