Tryout.id; Jurus Jitu Lulus Ujian

Kebanyakan orang minder saat menghadapi ujian. Mereka merasa tidak yakin bahwa dirinya akan lulus. Ketidakyakinan itu ada banyak penyebabnya. Untuk itu, kali ini saya akan membagikan trik agar lulus ujian.

Berusaha

Karena ini merupakan ujian yang akan menentukan masa depan kita, maka haruslah bagi kita untuk mengerahkan semua kemampuan kita pada kesempatan kali ini. Kalau tidak, maka penyesalan akan terus menghantui kita dikemudian hari. Alangkah jeleknya kado yang kita persembahkan untuk keluarga kita kita, jikalau nantinya kita naik kelas atau tidak lulus.

Salah satu usaha kita ialah dengan membaca materi, sekaligus praktik menjawab soal. Dengan uji kompetensi yang baik, besar kemungkinan kita lancar mengisi soal dengan benar, karena sudah terbiasa. Untungnya lagi, sekarang sudah bermunculan berbagai website yang berisi bank soal. Semisal, Tryout.id. Situs yang satu ini menyediakan banyak soal, mulai dari materi bahasa Arab hingga tes toefl. Tidak ada ruginya, bila sahabat DuniaQuran.com mencobanya!

Tirakat

Selama ujian berlangsung perlulah bagi kita untuk menambah tirakat kita. Entah itu berupa gerak batin ataupun tirakat yang lainnya. Karena tirakat itu tak ubahnya makanan untuk usaha kita. Sebagian guru pesantren pernah sowan kepada sealah-satu kiai. Ketika itu guru tersebut akan melaksanakan ujian akhir. Kiai menyuruhnya untuk kiat rajin membaca surah-surah pendek. Hal ini menunjukkan bahwa tirakat semacam itu sudah ada sejak zaman dulu, dan perlu kita lestarikan.

Doa

Doa merupakan jurus pamungkas dalam suatu ujian. Karena tanpa doa, semua berjalan kurang begitu maksimal. Seakan-akan kita hanya percaya dengan kemampuan kita, tanpa meminta pertolongan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu ada pepatah mengatakan: berusaha tanpa doa, merupakan tanda daari sombong. Sedangkan doa tanpa dibarengi dengan usaha, tanda bahwa hal itu omong kosong.

Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah hal terpenting yang harus kita jaga. Karena dengan sehat kita bisa melaksanakan kegiatan apa saja termasuk ujian. Oleh karena itu, ukurlah kemampuan badan anda dan usaha anda. Jangan sampai karena usaha yang begitu menggebu-gebu ada lupa terhadapa kodisi kesehatan anda. Karena kata orang-orang kita itu bukan robot. Badan kita juga perlu istrahat. Agar supaya sehat selalu.

Selamat berjuang, semoga kita sukses selalu. amin.